Sabtu, 14 September 2013

pertumbuhan ekonomi



Menurut Prof.Dr Sumitro Djojohadikusumo menyatakan pembangunan ekonomi adalah usaha memperbesar pendapatan perkapita dan menaikan produktifitas per kapita dengan cara menambah modal dan keahlian.
Terdapat 4 unsur penting dalam pembangunan ekonomi.
Ø  Pembangunan ekonomi mangandung suatu proses perubahan yang terus menerus
Ø  Pembangunan ekonomi mengakibatkan perubahan social
Ø  Pembangunan ekonomi berupaya meningkatkan GNP per kapita
Ø  Pembangunan ekonomi berlangsung dalam jangka waktu yang panjang
Tujuan pembangunan ekonomi pada prinsipnya dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu: menaikkan produktivitas dan menaikkan pendapatan perkapita. Beberapa manfaat yang dapat dirasakan oleh masyarakat maupun perekonomian antara lain adalah: output atau kekayaan suatu masyarakat atau perekonomian akan bertambah, kebahagiaan penduduk bertambah, menambah kesempatan untuk mengadakan pilihan yang lebih luas, memberikan manusia kesempatan yang lebih besar untuk memanfaatkan alam sekitar, memberikan kebebasan untuk memilih kesenangan yang lebih luas. Pembangunan tetap dikembangkan dengan memperhatikan lingkungan . pembangunan berwawasan lingkungan merupakan upaya pembangunan yang bertumpu pada tiga pilar yaitu sumber alam,kualitas lingkungan,dan kependudukan.
*    kriteria keberhasilan pembangunan Ekonomi
v  tingkat pendapatan nasional yang tinggi menandakan kapasitas produk nasional yang tinggi
v  tinggi rendahnya pendapatan perkapita dapat menggambarkan sejauh mana kemampuan penduduk untuk mengkonsumsi barang dan jasa hasil produksi
v  jika hanya sebagian kecil penduduk yang berpenghasilan tinggi, sedangkan yang lainnya berpendapatan rendah,keberhasilan pembangunan belumlah sempurna
v  semakin besar kontribusi sector industry dan jasa maka akan semakin majunya suatu Negara
v  tingkat perekonomian yang stabil meliputi stabilitas tingkat pendapatan dan kesempatan kerja serta tingkat harga mempengaruhi pasar produk dalam negeri
v  adanya keseimbangan neraca pembayaran apalagi surplus, ini menandakan kemajuan ekonomi suaru Negara. Bila neraca pembayaran mengalami deficit maka pembangunan ekonomi belum dikatakan berhasil.

Pembangunan yang Berwawasan Lingkungan
Pembangunan berwawasan lingkungan adalah pembangunan berkelanjutan yang mengoptimalkan manfaat sumber daya alam dan sumber daya manusia dengan cara menserasikan aktivitas manusia dengan kemampuan sumber daya alam untuk menopangnya.

Komisi dunia untuk lingkungan dan pembangunan mendefinisikan pembangunan berkelanjutan sebagai pembangunan yang memenuhi kebutuhan masa kini tanpa mengorbankan hak pemenuhan kebutuhan generasi mendatang.
Tujuan pembangunan berkelanjutan yang bermutu adalah tercapainya standar kesejahteraan hidup manusia dunia akhirat yang layak, cukup sandang, pangan, papan, pendidikan bagi anak-anaknya, kesehatan yang baik, lapangan kerja yang diperlukan, keamanan dan kebebasan berpolitik, kebebasan dari ketakutan dan tindak kekerasan, dan kebebasan untuk menggunakan hak-haknya sebagai warga negara.
Taraf kesejahteraan ini diusahakan dicapai dengan menjaga kelestarian lingkungan alam serta tetap tersediannya sumber daya yang diperlukan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar